TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN SBAR

Contoh Scipt penerapan teknik komunikasi SBAR di Rumah Sakit   Situation (s) Sebutkan: Salam, Identitas pelapor dan asal ruang perawatan, Identitas pasien, dan Alasan untuk melaporkan kondisi pasien, secara subyektif dan obyektif. Dengan kata-kata: Assalamualaikum/Selamat pagi/siang/malam dok, saya Perawat Dewi dari ruangan HCU RSUD Provinsi NTB, Hendak melaporkan pasien Tn/Ny/An. X. Saat ini kondisi pasien Apatis/gelisah dengan GCS E4V3M5 tanda-tanda vital. TD: 90/52 mmHg MAP 65 , N: 65x/mnt, RR: 30X/mnt, SPO2 : 96%. Produksi drain dalam 3 jam post op sebanyak 500cc. Urin 100 cc pekat.    Background (B) Sebutkan: Latar belakang pasien, yaitu Riwayat Penyakit Sekarang (RPS), Alasan pasien dirawat inap (bila rawat inap), Pengelolaan pasien yang sudah berjalan, dan  Terapi yang diterima pasien sampai saat itu (yang signifikan).   Diagnosa medis Ca. Endemotrium post His

Dengan Masalah Hidup Jadi Berwarna


Dengan Masalah Hidup Jadi Berwarna 

Apa kabar ya blog q neh?.... udah lama rasanya gk buka n’ posting... untungnya gk ada sarang laba-laba dan debu yang berjubel menyelimutix. heheh…

Heemmm… banyak cerita yang sebenarnya ingin saya tuangkan dan toreh hari ini, but saya bingung mw mulai cerita dari mana cz otak ini rasanya udah tumpul dan mw pecah karena masalah yang tak henti-henti  yang harus sy hadapi… namun itulah hidup. Bukan kehidupan namanya jika tak bergelut dengan masalah, masalah dan masalah… Dengan masalah manusia juga bisa belajar dan menjadi lebih bijak, kumpulan masalah-masalah juga membuat hidup jadi lebih berwarna… yang penting jangan jadi orang yang bermasalah dan menjadi masalah (merugikan) bagi orang lain aja hep..

Hari ini 27 september 2012. Hmmmm….bisa dibilang akan menjadi hari yang bersejarah dalam hidup say. Gk tw dari mana rasa percaya diri dan kekuatan ini saya dapatkan, yang pasti udah membuat saya berani untuk melangkahkan kaki mengajukan surat lamaran kerja ke sebuah stasiun radio yang sering saya dengar. Ya… ini surat lamaran kerja pertama saya, mungkin saya gk punya banyak kemampuan dalam bidang ini karena dalam hal music atau bernyanyi bisa dibilang payah, suara saya juga falsh abiss. Hehe…. Namun rasa penasaran saya untuk mencoba tak bisa berhenti  sampai situ saja, keingginan yang saya pernah pendam dan urungkan kini saya wujudkan, mungkin alasan yang paling logis saat ini karena saya sangat jenuh dan stress sampai otak saya tumpul dan tak mampu berfikir waras dan punya urat malu lagi,,,hehehe……

Malam itu seperti biasa saya mendengarkan radio dari ponsel kesayangan saya  ditemani sebuah novel yang setengah hati saya baca. Samar-samar saya dengan kalau sadio tersebut membuka lowongan pekerjaan dan membutuhkan seorang penyiar. Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mendengar, karena beberapa bulan yang lalu saya juga pernah mendengar hal yang sama, karena belum memiliki banyak kekuatan saya urung untuk mencobanya.

        Saya juga coba menanyakan kpada teman2 yang cukup saya kenal, kalo seandainya saya ngelamar atau jadi penyiar radio gimana?... cocok gak?... dan respon mrekapun beragan… dari yang bilang pasti lolos, cocok banget… pas ma dirimu yang cerewet n banyak omong, harus wawasanya luas….!! Hemm…banyak hal seh yang membuat saya ragu sebenarnya, karena saya tahu menjadi seorang penyiar radio itu tak segampang yang kita banyangkan (laen kata loe yang udah pengalaman, lama bergelut dan berkecimpung di dunia ini) selain harus memiliki rasa percaya diri yang luar biasa, wawasan yang luas, kemampuan berkomunikasi dan artikulasi suara serta kemampuan bahasa inggris yang cukup masi banyak hal yang harusnya dipersiakan. Dan kekurangan saya adalah… tde..dede…deng deng… kemampuan bahasa inggris saya jauh dibawah standar hanya bias ngomong yes and no doang :D

        Setelah membulatkan tekat, saya coba browsing contoh surat laaran kerja di internet dan paginya saya mulai mencoba menyusun satu demi satu berkar saya. Setelah itu saya mencoba merekam suara saya sebagai sampel suara. Gak terhitung berapa kali saya mencoba merekam, lucu banget rasanya dengerin suara sendiri n belaga jadi penyiar professional. Heheh… tak lupa juga saya minta pendapat dan minta bantuan sohib saya buat jadi komentator tepatnya she sebenarnya ngerepotin karena hampIr setengah hari itu kita bercanda dan mengulang lagi ngerekam suara karena hasil rekaman yang saya rekam sebelumnya gk bias di edit n masuk CD…setelah ngerekam hamper kurang lebih 10 kali karena kebanyakan ketawa n ngebanyol gk jelas akhirnya keputusan jatuh pada rekaman terakhir yang bias dibilang paling hancur tapi merupakan rekaman paling di sukai oleh teman saya yang satu itu… gk tw dah apa alasnya?? karena inggin ngebahagiain hati? gk mw ngecewakan? atau memberi semangat 45 buat saya… but, yang pasti thankz bgt bw my best plend q “chiro” ure my every think 

        Surat lamaran saya kini sudah diterima oleh seorang emba2 berkaca mata yang cantik n sangat ramah pastinya…. Gk terlalu besar harapan saya cz semakin besar berharap, peluang untuk kecewa itu semakin besar. Saya serahkan semua sama Allah.. Kalau udah jodoh n rizki saya pasti gk kemana. Tuhan tahu apa yang terbaik bagi hambanya dan bagaimana usaha mereka…. Tawakal dan pasrah, yang jelas doa dari yang membaca pasti akan membantu… ini jadi pengalaman seandainya di tolak berarti saya sudah punya satu alasan dan pengalaman berharga. Jika di terima saya akan sangat bersyukur karena telah diberi kesempatan mengenal dunia baru dan belajar hal-hal yang belum pernah saya kenal. saya janji Insya Allah saya akan berbagi cerita lagi tentang hasilnya….


Komentar

Purnama mengatakan…
Aamiin, semoga lamaranx diterima...
Unknown mengatakan…
hwahahahhaaaaa....
ngakak aq bacaaaa say...wkwkwkkwkwkwkw
ttap optimis...klo udah usaha n' berdoa, gaK akan ada yg sia-sia ^_^
Ners. Nova fitria mengatakan…
@eyi @makasih... amiin

@yanthie: hehehhe....makasih sayaong udah mw nemenin n ngebantu dari awal :)) moga ngebuahin hasil...

Posting an populer

Tips dan Trik Lulus CPNS 2021

ARTI KATA MANIFESTASI

FILSAFAT KEPERAWATAN