TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN SBAR

Contoh Scipt penerapan teknik komunikasi SBAR di Rumah Sakit   Situation (s) Sebutkan: Salam, Identitas pelapor dan asal ruang perawatan, Identitas pasien, dan Alasan untuk melaporkan kondisi pasien, secara subyektif dan obyektif. Dengan kata-kata: Assalamualaikum/Selamat pagi/siang/malam dok, saya Perawat Dewi dari ruangan HCU RSUD Provinsi NTB, Hendak melaporkan pasien Tn/Ny/An. X. Saat ini kondisi pasien Apatis/gelisah dengan GCS E4V3M5 tanda-tanda vital. TD: 90/52 mmHg MAP 65 , N: 65x/mnt, RR: 30X/mnt, SPO2 : 96%. Produksi drain dalam 3 jam post op sebanyak 500cc. Urin 100 cc pekat.    Background (B) Sebutkan: Latar belakang pasien, yaitu Riwayat Penyakit Sekarang (RPS), Alasan pasien dirawat inap (bila rawat inap), Pengelolaan pasien yang sudah berjalan, dan  Terapi yang diterima pasien sampai saat itu (yang signifikan).   Diagnosa medis Ca. Endemotrium post His

INTERVIEW PERTAMA


Apa kabar kwan2 bloger ?....  Saya harap kalian gk bosan ngebaca posthing sy yang mungkin bisa di bilang gk bermutu ini. heheh… sengaja saya sempet2in buat posthing loe cz dalam beberapa minggu ke depan saya akan diihujani kerjaan kampus…turun prakttek! lagian janji itukan adalah hutang.

Langsung aja keceritanya ya hep’…

Sesuai janji saya minggu lalu, skarang saya akan ngabarin kalian semua (semua?!.. maksudx sapa? heheh…) gimana hasil lamaran perdana saya itu (Posthing @dengan masalah hidup menjadi lebih berwarna).

Pada penasaranka pengen tau hasilnya…? Eeits… yang sabar aja…! Pasti saya kasi tau kok… ! tapi saya punya satu aturan main… hehe… karena kalau gk anda akan terbius dan terbuai oleh celotehan gk jelas saya…haahaha….  
  1.  Bacanya dalam hati aja, gk perlu pake toa apalagi minjam di masjid cz sy malu hep loe di dengar orang…hee :D 
  2.  Bacanya gk boleh pake ngedip (emang bisA?.. coba aja sendiri !...wkwk...
  3. Yang paling penting jangan sampe lupa nafas ya! (bahaya ntar loe masuk berita wafat gara2 baca blog saya) hahahah… 
  4. Wajib komen  bsa di Fb or twiiter dan diharamin senyum2 sendir..jiahh.!
  5.  Gampangkan !!.....
Hari ini hari ke-6 memasuki bulan oktober. Kalo di ibaratkan makanan perasaan saya bulan ini sudah kayak rujak buah kelebihan garam Hep’ asam, manis, pedes, sepet, seger, dan asin pastinya. Yaa,,,, hari ini kurang lebih semiggu sudah surat lamaran pertama saya dikirim dan tepat sudah sehari juga sms panggilan interview saya trima. Yupz… tepat bgt…! Surat lamaran saya lulus seleksi dan hari ini tepat jam 13:30 tadi saya menggikuti interview kerja pertama saya. Interview kerja yang juga pertama kali dalam hidup saya (kebayang gimana rasa?...next saya cerita). 

Satu kabar gembira lagi Hep’ hari ini juga tepat seminggu pengumuman beasiswa PPA yang pernah saya ajukan keluar (gk nyangka dpt kesempatan lagi). Itu adalah beasiswa ke-2 saya, berbeda dengan beasiswa pertama saya yang saya dapat gk perlu pake pengajuan segala ato ampe harus foto copy rekening listrik kayak orang mw kredit motor di deleer aja (RIBET !). moga aja beasiswanya cepet keluar, sebelum kanker stadium ahkir ini mencekal nyawa saya dan menggrogoti investasi saya yang lain. Amiin…

Dua kabar gembira namun gk cukup menghapus satu kabar buruk yang membuat hati saya remuk dan berderai air mata ( bukan soal cinta loh!)
#Back to interview problem…

Udah pernah ngerasain gimana rasanya interview kerja?. Saya ngasi taunya buat yang belum pernah ya..! buat yang udah, kita sama-sama bagi pengalaman deh…! Deal !..

Rasanya itu kayak aapa yaa..? Emmm… kaya naik roller coaster ! kurang lebih LAH...

Kalian ngebayangin aja, berada dalam sebuah ruagan yang di dalamnya ada dua orang atau tiga orang yaitu kalian sendiri dan pemilik kantor atau tambahan seorang asisten. Belom pernah ketemu sebelunya dan di tanyakan berbagai hal yang mungin gak kebayang atau juga sudah  kebayang dibenak anda sebelumnya. Ngebleng… keringat dingiin, gemetaran, gk bias berkata-kata, mules atau malah kebelet pipis? (*saya gk segitu parah seh !). nah itu sebagian kecil yang contohnya.

Hari ini awan gelap menyelimuti kota Mataram. Jauh dari prediksi saya, kalau hari ini bakalan cerah ceria bahkan sengatan trik mataharinya bakalan buat gosong. Yupz… ini hujan pertama bulan ini dikota mataram. Bias di bilang akhirir-akhir ini hujan enggan nyamperin kota kecil ini. 

Setengah jam sebelum panggilan interview saya pergi ngejemput sohib saya buat nemenin. Sekitar 15 menit selanjutnya saya udah berada tepat didepan pintu kantor yang memanggil saya untuk inrterview (meski pake acara hamper nyasar hep’). Dengan sedikit gugup saya memasuki ruangan tamu itu, disana tampak seorang gadis yang duduk manis disebuah kursi kayu, dan di sebelah ruangnya lagi tampak seorang yang sedang asyik menikmati dentuman lagu dari head set yang kenakan. ternyata announcer yang lagi siaran siang itu. Karena hanya di batasi oleh sekat kaca, jadi semua aktivitas yang dilakukan oleh penyiar dari dalam sana akan Nampak jelas dari luar.

Saya dan teman saya duduk disebuah kursi panjang, gk jauh dari cewek tadi. Ternyata dia juga datang dengan tujuan yang sama untuk interview. Ia seorang mahasiswi jurusan B.inggris dan pastilah kemampuan bahasa inggrisx jauh diatas rata-rata gk seperti saya yang payah BGT :(. Didepan saya terdapat daftar hadir, kemudian saya menggisinya. Kurang lebih setengah jam menunggu setelah mba barusan masuk saya juga mendapat antrian saya. SuasanA horrorpun mulai menyelimuti saya. Saya dorong gagang pintu, dan saya buka perlahan dan sayapun tercengang cz saya piker Cuma ada mba2 yang dari tadi hilir mudik itu yang ada didalamnya. Ternyata ada seorang pria berkaos hitam yang mungkin produser atau pemilik radio juga didalam sana. 

Tddeng…deng…deng…. wawancarapun dimulai dengan memperkenalkan diri saya sesuai permintaan penanya. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan2 pembuka selanjutnya. Sampai detik itu saya masih dapat menjawabnya, sampai pada akhirnya masuk pertanyaan inti mengenai dunia music dan fenomena saat ini (semacam tes wawasan lah). Nah mulailah otak saya ngebleng n jawaban kesendat2, secara tentang musik saya gk tw banyak, nonton tv, dengar berita juga udah jarang cz sbln kmarin saya sibuk mikir judul skripsi. Next saya selanjutnya diminta untuk ngebaca deretan tulisan di witheboard berjarak -/+ 2m depan saya. Nah kali ini yang pasti saya ngebutuhin mata cadangan saya “kaca mata “ untung saya bawa. Setelah ngebaca dengan gk ada beban, saya baru sadar kalo itu kayaknya tes vocal n merupakan pertanyaan terakhir. haduuuhhh.....

Eitss…. Jangan senag dulu cz ternyata itu Cuma pertanyaan terakhir untuk sesi pertama. Dan selanjutnya sesi berikutnya dari mba2 yang dari tadi sibuk dengan note booknya disamping saya. Kali ini bener2 mati kutu deh saya dibuatnya… coz this tes to engglish speek.. Dubrakkk… kenalah saya jawabnya pake Yes or No and tambahan kosa kata dasar yang say punya. Pertanyaannya sebenarnya hamper sama dengan pertanyaan sesi b.indonesia tadi. Saya juga cukup mengerti maksud pertanyaannya but, yang jadi masalahx to buat ngomong n jawab questionnya pake B. inggris juga hep’ haduhh... belibet keluh ni lidah rasanya. (loe da yng berknan ngajarin sy speek in engglish, nonggo !). 

Terakhir wejangan dari mas2 yang dah intervie saya tadi. Sebenarnya wejanganya hamper mirip dari yang sudah pernah say baca dan bilang dulu tentang penyiar radio. Banyak baca, nonton dengar dan wawasan luas tentang music dan berbagai hal.

Akhirnya…Lega rasanya meski masih sedikit syock n ngerasa malu bgt. Akhirnya intervie itu selesai juga… setelah pamin, spontan kaki saya menuju keluar buat ngambil nafas cz kalo gk saya bakalan kekurangan O2 hep’… yupz… interview saya berakhir dengan perasaan was-was, malu n harap 2 cemas. Saya bakalan keterima atau tidak? Kita tunggu saja hasilnya ! moga Allah memberikan yang terbaik bagi saya. Amiin

Sekian dulu ya…cz saya mw buka puasa n pray untuk sholat magrib. ini juga udah kepanjngan banget ya…? Heheh… moga gk pada sesak nafas ato keburu boring sebelum baca ampe habis.

Komentar

Purnama mengatakan…
bagus ceritax...
Ners. Nova fitria mengatakan…
HEEHEH.... MAKASIH :))
Unknown mengatakan…
hanya bisa commend....hwahahahahhahahaa :D

#pangilan kedua menyusuL heb...amiiind...
Ners. Nova fitria mengatakan…
yanthie: haduh... bener2 ilaq ku loe mikirin intervie maren tuh say :( ngeblang kyak orang bego !

#Amiin..

Posting an populer

Tips dan Trik Lulus CPNS 2021

ARTI KATA MANIFESTASI

FILSAFAT KEPERAWATAN