TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN SBAR

Contoh Scipt penerapan teknik komunikasi SBAR di Rumah Sakit   Situation (s) Sebutkan: Salam, Identitas pelapor dan asal ruang perawatan, Identitas pasien, dan Alasan untuk melaporkan kondisi pasien, secara subyektif dan obyektif. Dengan kata-kata: Assalamualaikum/Selamat pagi/siang/malam dok, saya Perawat Dewi dari ruangan HCU RSUD Provinsi NTB, Hendak melaporkan pasien Tn/Ny/An. X. Saat ini kondisi pasien Apatis/gelisah dengan GCS E4V3M5 tanda-tanda vital. TD: 90/52 mmHg MAP 65 , N: 65x/mnt, RR: 30X/mnt, SPO2 : 96%. Produksi drain dalam 3 jam post op sebanyak 500cc. Urin 100 cc pekat.    Background (B) Sebutkan: Latar belakang pasien, yaitu Riwayat Penyakit Sekarang (RPS), Alasan pasien dirawat inap (bila rawat inap), Pengelolaan pasien yang sudah berjalan, dan  Terapi yang diterima pasien sampai saat itu (yang signifikan).   Diagnosa medis Ca. Endemotrium post His

Strategi Lulus Passing Grade Test SKD & SKB CPNS 2021

Assalamualaikum. .

Hi, teman-teman! gimana nih kabarnya ?
Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya? Amiin...
Btw, ada yang sudah selesai dengerin curcol podcast pertama saya ngk?.. Haha... 
Trimakasih ya, buat yg sudah meluangkan waktunya untuk mendengarkan sampai habis semoga sharing tips dari saya bermanfaat.

Kali ini saya balik lagi buat sharing pengalaman test cpns 2019 lalu. Saya akan bahas mengenai strategi lulus pasing grade SKD & SKB. Penasan ngak? Semoga strategi yang saya akan share ini  bisa menjadi pilihan dan bisa menjadi senjata buat teamn-teman untuk maju di test SKD bulan September nanti.

Menurut saya strategi itu sangat penting, ibarat akan bertanding mengalahkan lawan kita harus punya tak-tik untuk menang. Kalo sudah belajar dengan optimal, belajar yang mantap agar bisa lulus, kita harus punya  trik agar bisa menjawab soal dengan benar San mengefisienkan waktu agar waktu kita cukup untuk menyelesaikan sua soal. 

Pada test CPNS tahun ini ada sedikit perbedaan memang dari tahun lalu dimana total soal SKD sejumlah 110 soal dengan rincian TKP bertambah yang sebelumnya 35, menjadi 45 soal. Sementara,  TWK tetap 30 soal dan TIU tetap sejumlah 35 soal, dengan waktu pengerjaan 100 menit. Jadi Untuk menjawab satu soal teman-teman harus menyelesaikan dalam waktu 0,90 second atau kurang dari satu menit. Amazing...

Buat teman-teman yang baru pertama ikut test di tahun ini, atau mungkin pernah ikut test di tahun sebelumnya tapi gaga. Tahun ini, bisa mencoba strategi yang saya juga pakai ketika test SKD tahun 2019 lalu. Saat test kemarin saya menggunakan strategi dari viracun yaitu Teknik Mengerjakan Test SKD selesai kurang dari 90 menit (untuk link Youtubenya bisa lihat di postingan di blog saya).

Strateginya yaitu kita akan menjawab soal SKD secara tidak berurutan atau tidak teratur maksudnya, Saya menjawab 5-10 soal TWK kemudian 5-10 soal TIU dan 5-10 soal TKP kemudia balik lagi ke TWK, TIU, TKP begitu seterusnya sampai soal habis. Ketika ada soal yang tidak bisa di jawab atau ragu dengan jawaban lewatin saja dulu dan tulis nomor soal pada lembar orek-orek. Ketika di akhir nanti ada sisa waktu, maka balik lagi pada soal yg kita tidak bisa jawab tadi atau ragu dengan jawabannya tadi. 

Kalo menurut pengalaman saya dengan cara ini membuat kita itu tidak bosan dalam mengerjakan soal. Serta jawaban soal juga merata, sehingga standar di setiap soal terpenuhi. Dengan menggunakan cara ini sisa waktu saya saat itu lumayan banyak, meskipun demikian saya memutuskan untuk tidak keluar terlebih dahulu, kenapa?  karena bukan yg penting keluar paling awal atau keluar lebih dahulu tapi yang paling penting adalah kita sudah yakin bahwa semua jawaban yang kita jawab adalah sebaik-baiknya jawaban dan  kita sudah yakin benar. Pesan saya jangan pernah merubah atau mengganti jawaban yang sudah diisi,  karena banyak teman" yang gagal lulus test karena merubah atau mengganti jawaban, scor yang semula sudah tinggi malah jadi turun.


Saran saya sebelum mempraktikan strategic ini kerika test teman-teman mencobanya dulu saat try out. Apakah juga cocok diteman-teman. Kuncinya sering-sering latihan soal atau try out karena bukan masalah siapa yg pintar atau siapa yg beruntung tapi masalah siapa yg terbiasa latihan dengan soal. 

Strategi lain yaitu untuk bisa menjawab satu soal kurang dari satu menit, teman-teman harus sering belajar membaca cepat. Dengan belajar membaca cepat dan mencari inti dan poin yang diinginkan soal kita dapat cepat menemukan jawaban dan efisien waktu. Biasaka untuk membaca pertanyaan dari soal terlebih dahulu baru membaca soal secara menyeluruh. 

Yang paling penting Jangan lupa untuk selalu melobi jalur langit.
  1. Minta restu orang tua
  2. Ibadah di kecengin selain ibadah wajib, tambahin ibadah sunah. Puasa senin kamis, sholat malam) seperti tobat, hajat, tahajud, istikharah, witir), sholat dhuha.
  3. Atau amalkan membaca Al-waqiah
  4. Perbanyak Sedekah
  5. Wudhu sebelum test, perbanyak istighfar dan shalawat, perbanyak membaca doa nabi musa agar tenang dan tidak grogi ketika jawab soal.
Good luck ya selamat mencoba strategi yang saya share.

 Semoga berhasil teman-teamn. Trimakasih...

Komentar

Sari OktaViana mengatakan…
semangat terus buat menyalurkan ilmu keorang banyak!!

Posting an populer

Tips dan Trik Lulus CPNS 2021

ARTI KATA MANIFESTASI

FILSAFAT KEPERAWATAN