TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN SBAR

Contoh Scipt penerapan teknik komunikasi SBAR di Rumah Sakit   Situation (s) Sebutkan: Salam, Identitas pelapor dan asal ruang perawatan, Identitas pasien, dan Alasan untuk melaporkan kondisi pasien, secara subyektif dan obyektif. Dengan kata-kata: Assalamualaikum/Selamat pagi/siang/malam dok, saya Perawat Dewi dari ruangan HCU RSUD Provinsi NTB, Hendak melaporkan pasien Tn/Ny/An. X. Saat ini kondisi pasien Apatis/gelisah dengan GCS E4V3M5 tanda-tanda vital. TD: 90/52 mmHg MAP 65 , N: 65x/mnt, RR: 30X/mnt, SPO2 : 96%. Produksi drain dalam 3 jam post op sebanyak 500cc. Urin 100 cc pekat.    Background (B) Sebutkan: Latar belakang pasien, yaitu Riwayat Penyakit Sekarang (RPS), Alasan pasien dirawat inap (bila rawat inap), Pengelolaan pasien yang sudah berjalan, dan  Terapi yang diterima pasien sampai saat itu (yang signifikan).   Diagnosa medis Ca. Endemotrium post His

Biar Lulus SKB, Harus ngapain ya?


Assalamualaikum...

Hai teman-teman gimana nih kabarnya? 
Senang sekali deh bisa nyapa kalian lagi, ngak nyangka bisa bersambung sharing pengalamannya sampai ke part 3.

Semoga teman-teman semua kabarnya baik ya. Apalagi yang lulus SKD nih, pasti lagi bahagia dan bersyukur banget. Selamat ya buat kalian yg lulus, dan tetap semangat buat yang belum lulus jadikan pelajaran dan pengalaman di tahun ini untuk mencoba lagi di tahun depan.
 
Ets, tapi jangan kegirangan dulu ya, karena perjuangan belum usai. Masih ada test SKB yang menanti kamu dan persainganpun akan semakin sengit.

Pertanyaan-pertanyanpum mulai bermunculan nih kesaya. 
1. Setelah lulus SKD harus ngapain sih Va? recomendasi yang di pelajari buat SKB apa aja ya?
2. Score SKD ku sedikit nih Va, saingan ku scorenya tinggi-tinggi, aku insecure pesimis lulus. 

Emm... Kebanyakan dari kita sih memang lebih prepare dan lebih banyak belajar untuk persiapan SKD sedangkan SKB ntar aja dulu deh pas udah lulus SKB, karena berfikir test bidang pasti lebih mudah jadi lebih menguasai materi padahal dalam test SKB ada test ke mampuan umum dan test ke mampuan khusus.  Jujur sih pas test SKB menurut saya lebih berat dari SKD belajarnya karena disinilah pertempuran sesungguhnya.  materi yang harus di pelajari juga lebih banyak, rasanya udah kayak belajar isi semesta. Hahaa.. . 

Biar ngk melebar pembahasannya sy akan langsung bahas pertanyaan dan seharing pengalaman ke teman-teman. 

1. Setelah lulus SKD harus ngapain sih?

Bersyukur sih yg pasti pertama karena udah di kasih kesempatan buat melangkah ke step selanjutnya. Jadi, jangan pernah sia-siakan ya! begitu banyak orang yg ingin berada di posisi teman-teman. 
Setelah eforia kebahagiaan, mulai deh cari-cari info dan materi apa saja yg di ujikan di tes SKB. Walaupun teman-teman blom tau nih bakalan masuk prengkingan apa ngk, ngk papa memanfaatkan waktu sambil menunggu pengumuman. Saya juga termasuk yang kepedean sudah mencari-cari materi sblom prengkingan kok. Hahaha...  Kalo lulus kan udh ada persiapan, klo ngak ya ngk papa.. Ngk ada ruginya juga belajar. 

Sekarang Sudah banyak buku yg membahas soal untuk SKB, bimbel dan di youtube juga sudah sangat banyak. Dipostingan blog pertama saya, saya juga sudah  recomendasikan beberapa buku, bimble dan youtube untuk blajar SKD sampai SKB bisa di cek deh (https://nersnova.blogspot.com/2021/08/tips-dan-trik-persiapan-belajar-cpns.html )

Awalnya dulu saya berfikir test SKB soalnya pasti mirip-mirip soal test untuk ujikompetensi tapi ternyata tidakjuga teman-teman. Jadi dalam test SKB ada materi kemampuan umum 40% dan kempuan khusus 60%. yang berat buat saya yaitu belajar kemampuan umum karena harus belajar undang-undang dan hukum kesehtan, program-program kesehatan, kebijakan-kebijakan kesehatan. Buat saya yg lemah di hafalan itu susah. Sedangkan kemampuan khusus lebih ke bidang, jadi tinggal review materi-materi zaman kulya atau ukom dahulu tapi soalnya lebih sederhana dari kasus-kasus di ukom tapi butuh penalaran dan alnalisa karena lebih ke implementasi bagaimana tindakan kita saat bekerja atau berhadapan dengn pasien dilapangan. Seperti masalah legal etik, peran dan fungsi perawat, sedangkan hitung-hitungan cairan infus luka bakar, dosis obat, saya ngk dapat soal seperti itu, laboratorium dan pemeriksaan penunjang normal juga harus dikuasai, imunisai, mungkin vaksin bisa menjadi soal atau isue yang keluar ditahun ini.  Ketika saya dulu masih merujuk ke PERMENPAN RB no. 25 tahun. 2014, khusu untuk perawat seperti dibawah ini.




2. Score SKD ku sedikit nih Va, saingan ku scorenya tinggi-tinggi.

Kalo saya lihat tahun ini skor SKD teman-teman yg ikut CPNS alhamdulillah tinggi-tinggi ya, sampai 400an.  Katanya soal CPNS tahun ini lebih mudah, tapi kalo menurut saya sih ada beberapa faktor yg buat soalnya tampak lebih mudah yaitu Akses materi cpns baik dari buku, bimble try-out dan youtube tahun ini udah banyak banget ngk seperti di tahun kemarin, youtuber,bimble dan buku juga tahun ini banyak yg nerbitin jadi persiapan teman-teman pejuang NIP lebih baik dan soal TKP juga ditambah 10 soal jadi pasinggradenya meningkat. 

Buat teman-teman yg lulus perengkingan tapi skornya sedikit ngk usah merasa insecure ngk usah pesimis, saya termasuk yg skor SKDnya ngk banyak kok, di perengkingan saya berada diurutan ke 8 dari 6 formasi yang dicari namun, alhamdulillah ketika SKB skor saya lumayan tinggi saya berada di posisi kedua di sesi saya saat test dan berada di urutan pertama ketika perengkingan akhir dari 6 orang formasi yang dicari. Jadi kita harus sadar diri, ketika persiapan SKB harus lumayan sedikit berkerja keras mengejar ketinggalan. Blom pasti kok yg skor SKDnya banyak lulus di SKB, dan yang skornya rendah bakalan gagal. Pengalaman saya tahun kemarin,  yang di peringkat pertama SKD dengan skor 400an malah ketika SKB tidak lulus difinal prekingan.  Apapun hasilnya di akhir yang terpenting kita sudah berikhtiar dengan semaksimal mungkin teman-teman. 

Ingat Tetap fokus ketika menjawab soal, terutama untuk soal-soal kasus biasakan baca pertanyaan dari soal terlebih dahulu, jangan lama-la terpaku di satu soal, manajemen waktu dan jangan pernah merubah jawaban. serta selalu libatkan Allah dalam setiap prosesnya. Biar kalo gagal ngk kecewa karena kita sudah usaha dan ketetapan/rencana Allah adalah yg terbaik. 

Closing statement dari saya: " kita tidak akan berdosa ketika kita gagal, tapi insyaallah kita akan mendapat pahala dari semua ikhtiar yg sudah maksimal kita lalukan....

Semangat pejuang NIP, semoga lulus sampai akhir...

Komentar

Posting an populer

Tips dan Trik Lulus CPNS 2021

ARTI KATA MANIFESTASI

FILSAFAT KEPERAWATAN